Friday, October 1, 2010

Jangan ditiru: Sup Pembakar Lemak

Minggu ini baru mulai diet lagi nih, karena udah merasa banyak yang harus dikempiskan :D

Cari di internet, dengan keyword: sup pembakar lemak, karena ini dah populer juga. Setelah baca beberapa artikel, ternyata banyak juga versinya yah... Dan semuanya sih masuk akal, namanya juga makan sup sayuran terus-terusan, logislah...

Jadi resepnya sih aku modif sendiri, harusnya sih ngikut aturan dari penciptanya, tapi belum nemu tulisan ilmiah dari penemu dietnya, makanya ngarang deh jadinya. Berikut resepnya:
2 btr bawang bombay sedang, iris tipis
1 bh paprika hijau besar, potong serasi
1 bh kembang kol ukuran besar, siangi
4 btr tomat, buang bijinya, potong serasi

cara masaknya:
1. panaskan air sekitar 1 liter, setelah mendidih masukan bawang bombay, biarkan sekitar 3 - 5 menit
2. masukan paprika, kembang kol, masak sekitar 3 - 5 menit
3. terakhir setelah semua mendidih, matikan api, lalu masukan tomat.

oiya, jangan harap sup ini rasanya enak yah... karena konsumsi sayur ini sebaiknya tanpa garam, gula ataupun penyedap. Jadi hanya air dan sayuran di rebus.

Nah, ini yang paling berat. Makanya jangan ditiru kalau gak punya niat yang kuat dan teguh. Soalnya sup ini dikonsumsi selama 7 hari berturut-turut dengan aturan sbb:
1. hari ke-1, sup + buah + air putih
2. hari ke-2, sup + sayur rebusan + air putih
3. hari ke-3, sup + sayur rebusan + buah + air putih
4. hari ke-4, sup + susu + pisang (my favorite day)
5. hari ke-5, sup + daging/ayam rebus + tomat segar + air putih
6. hari ke-6, sup + ikan kukus + tomat segar + air putih
7. hari ke-7, sup, nasi merah sedikit + lauk + air putih

Nah, buatku tantangan yang besar kalau maksi di kantor, makanya diakalin bawa bekal dari rumah sesuai jadwal menu yang ditentukan. Sayagnya pas hari ke-5, gak sempat masak lauk daging sendiri, jadinya sih beli tahu bakso di mie tasik deh :((

Sekarang hari ke-5 sudah dilalui, alhamdulillah 3 Kg sudah berkurang. Efek makan sup tanpa garam ini adalah lebih sering ke kamar kecil (BAK) dan keringetan, mungkin karena garam kan sifatnya menahan cairan di tubuh.

Rencananya mau tuntaskan sampai hari ke-7, semoga kuat menjalaninya. Setelah ini ada rencana mau melaksanakan south beach diet yang lebih longgar karena pantangannya hanya karbohiodrat sederhana dan buah di 2 minggu pertama. I think it will be easier, karena sudah terlatih makan sayuran tanpa garam :D

Wish me luck !

1 comment:

  1. admin, isi sup pembakar lemak nya dimakan juga??
    dan juga waktu motong paprika hijaunya bijinya di buang atau enggak min?
    please di jawaabb.. aku kepingin nurunin berat badan nihh.. :)

    ReplyDelete